Cari Artikel di Blog Ini

Monday, April 18, 2011

Bicara Soal Award (maaf jangan tersinggung)

Berbicara soal award, tentunya akan berbicara soal penghargaan. Siapa yang pernah dapat penghargaan? ... Menurut saya penghargaan adalah hadiah yang kita peroleh karena kita punya prestasi. itu sih semua orang juga tau kan.

Kemudian Award, apasih Award itu... trus dimata blogger award itu apa?. Sebelum bahas lebih lanjut kita tanya ya di wikipidia soal award, kira2 seperti ini gan :
"Sebuah penghargaan adalah sesuatu yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk mengenali keunggulan dalam bidang tertentu, sebuah sertifikat keunggulan. Penghargaan tersebut sering ditandai dengan trofi, gelar, sertifikat, peringatan plakat, medali, lencana, pin, atau pita."
Kemudian dimata blogger Award itu bagaimana ? berikut penjelasannya dari blog sebelah : www.kometral-nganjuk.co.cc buat yang punya blog tersebut ijin copas ya gan...
Buka aja disini ya:
"Sebuah penghargaan adalah sesuatu yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk mengenali keunggulan dalam bidang tertentu, sebuah sertifikat keunggulan. Penghargaan tersebut sering ditandai dengan trofi, gelar, sertifikat, peringatan plakat, medali, lencana, pin, atau pita."

sederhana sekali,dan sesederhana pula kita memberi dan menerima award...tapi ada beberapa hal yang sebenarnya yang patut di pertanyakan,layakkah kita menerima award,dan pantaskah kita memberikan award,dan apa fungsi sebenarnya dari award itu sendiri..

dan tidak ada aturan yang jelas siapa yang patut memberikan award dan siapa yang pantas mendapat award,sama sekali tidak ada standart baku mengenai award,bahkan blog kemarin sore,blog yang baru di buat kemarin sudah sah untuk memberikan award,..

jika hanya atas dasar persahabatan,penghormatan,rasanya terlalu ketinggian untuk memberikan semua itu dengan menggunakan kata "award",belum pantas kiranya kita yang hanya blogger biasa memberikan award jika hanya berdasar atas penilaian pribadi,apalagi jika dalam pemberian award terdapat unsur like and dislike...dan memang yang saya lihat selama ini adalah hal seperti itu,yang memberi award belum di uji benar kapabilitas dan kualitasnya,dan yang menerima award belum di verifikasi kelayakannya,hanya berdasar suka sama suka,tidak ubahnya memberi sebatang rokok kepada seorang teman...

padahal nilai kata "award" begitu tinggi dan tidak semua lembaga kredibel mampu memberi award yang di akui ,bahkan lembaga sekelas bakrie fondation pernah mendapatkan penolakkan dari penerima award,tapi semuanya nilai "award" hancur ketika sudah di tangan para blogger,kata "award" banyak di selewengkan,asal suka,kasih award,apa sih susahnya bikin award,apa sih susahnya memberikan award?..sama sekali tidak ada kesulitan kalau hanya membuat award,bagian yang tersulit adalah mempertanggungjawabkan nilai "award itu" sendiri...

lembaga sekredibel tempo,kontras dll yang telah kita ketahui kualitasnya,tidak pernah berani mengobral award,toh kalaupun mau 2 lembaga tersebut sudah barang tentu layak memberikan award,penerima award juga bangga menerima award dari lembaga seperti kontras,lha di tangan blogger "award" menjadi barang murahan."award" di jadikan barang seperti sampah yang habis buang bisa membuat lagi tanpa memikirkan nilai,kasihan sekali nasib award ini di tangan para blogger,sudah tidak ada harganya dan di injak-injak harga diri sang "award"...

jadi untuk someone yang memberi saya award,mohon maaf,saya belum bisa menerima,karena saya menyadari bagaimana kualitas blog saya,saya juga belum mengetahui penilaian yang model bagaimana sehingga blog saya layak mendapat award,jika hanya berdasar rank,blog saya belum ada apa-apanya,jika berdasar artikel,masih banyak artikel di blog lain yang lebih bermutu di banding artikel blog saya ...

jika para pemberi award merasa layak memberi award karena merasa alexa mereka langsing dan rank yang tinggi,maaf,belum anda standart yang memutuskan tentang hal itu,alexa dan rank tidak bisa di jadikan acuan,kesenioritasan dalam dunia blogging juga belum bisa menjamin kalau blog tersebut layak memberi award,kalau memang atas dasar sahabat,tidak perlu memberi award,nilai award terlalu tinggi kalau di berikan hanya berdasar persahabatan,cukup kunjungi blog sahabat setiap hari,bantu tingkatkan trafficnya,juga tidak perlu meninggalkan komentar pada artikel yang tidak kita pahami,tidak usah unjuk diri tentang kehadiran kita,itu baru sahabat,sahabat koq ada pamrih.....
Nah atas dasar itulah saya jadi mikir ni kalo dapet Award, kayaknya saya sendiri belum pantes dapat award dan bahkan sama sekali ngak pantes untuk memberikan award...

Untuk itu buat penghuni60 dan Motiveme saya ucapkan terimakasih sudah memberi Award namun saya terima bukan sebagai Award tapi sebagai hadiah saja. Dan tentunya karena ini adalah hadiah munkin saya tidak bisa meneruskan Award tersebut(apabila award masih berkelanjutan. Yang pasti persahabatan tetep berjalan. dan kalo memang kita ingin memberikan backlink buat sahabat blogger, menurut saya kasih aja langsung ngak usah pake award segala. Karena sahabat sejati itu kalo memberi tanpa mengharapkan imbalan

maaf ya sekali lagi dan terimakasih hadiahnya ...
Sukses selalu buat penghuni60 dan Motiveme

26 comments:

  • Iwan says:
    April 18, 2011 at 7:23 PM

    Uyee..Om.. masalah award kaya'nya sekarang jadi rancu ya, bilangnya sih ngasih 'award' tapi sebenernya cuma tukeran link berikut banner.. lha wong situs gede kaya w3.org aja cuma bisa ngasih tau kalo blog kita valid. lha ko' blogger ra mutu kaya kita(aku dewe looh, sing liyo ojo nesu..^_^) ko' blagu mu kasih award.. ora patut toh..?
    Setiap blogger berhak menentukan jalan dan caranya sendiri, award-lah, hadiah-lah, terserah.. yang penting hubungan dan komunikasi antar blogger tidak terganggu.. Yo' maju bareng-bareng..!

  • om_dela says:
    April 18, 2011 at 7:29 PM

    @Iwan : iya seperti itulah mas... bener yang penting komunikasi antar blogger tidak terganggu... ayo kita maju bareng2 setujuuuuuuu

  • putra says:
    April 19, 2011 at 9:29 PM

    Niche Posting gan.kebanyyakan para pembuat award hanya mementingkan Link mereka yang dipasang..

  • BLOGBEGO says:
    April 20, 2011 at 11:34 AM

    saya sepakat dan sepaham dengan pemikiran Om Dela dan www.kometral-nganjuk.co.cc sebagai penerima juga menjadi beban tersendiri, karena kalau saya lanjutkan di Blog saya top comment para senior, apa nggak kebalik, yang paling tepat ucapan terima kasih sudah sering comment, trims om petuahnya

  • cayun says:
    April 20, 2011 at 12:32 PM

    betul banget tuh Om,, tapi kita juga harus menghargai orang yg memberikan award tersebut. anggap saja untuk mempererat tali persahabatan antar sesama blogger.

  • masa yg telah lalu says:
    April 20, 2011 at 9:17 PM

    saya rasa dengan adanya pemberian award ini malah- malah kayanya sih malah merendahkan blogger itu sendiri, hm tergantung sih kalau award tidak bermaksud tukaran link, ato banner mungkin masih bisa dipertimbangkan..
    Ada yang lucu dengan blog ku, blog belum seumur jagung dapat award, awal senang tapi kok ta pikir ada yg aneh yah dengan award ini, sekarang yg penting persahabatan

    Dan salam selalu

  • hidayat says:
    April 20, 2011 at 9:37 PM

    yang penting persahabatan blogger Indonesia..

  • om_dela says:
    April 21, 2011 at 7:06 AM

    @ putra : seperti itulah mas... katanya sahabat, kalo sahabat seharusnya memberi tanpa mengharap imbalan kan...

    @ tips blogbego : terimakasih kembali mas...bener memang jadi beban, malah ada yang dapet award trus kerepotan harus sana sini karena peraturan awardnya itu, buat postingan soal award itu, cari 10 bahkan lebih penerima award, ngabarin satu2 penerima award,.. haduh repot banget kan hanya demi back link,...kalo memang kita mau kasih link sama temen blog tinggal tempel aja dipostingan dan kenapa juga repot harus mengharap di link balik.. yang terpenting kita buat blog kita berkualitas, dengan postingan yg bagus dan berguna juga, dg begitu apabila ada postingan bagus bukan tidak mungkin akan di backlink dari blogger lain..

  • om_dela says:
    April 21, 2011 at 7:09 AM

    @ Cayun : Ok menghargai sesama blogger,... setuju itu...

    @ masa yang lalu & @ hidayat : persahabatan blogger... tentunya kita harus belajar jadi sahabat yang tanpa pamrih...

  • Gyion A. Hardy says:
    April 21, 2011 at 3:20 PM

    setuju!

  • om_dela says:
    April 21, 2011 at 6:41 PM

    @Gyion Ananta Hardy : main setujuuu aja mas

  • Beben Koben says:
    April 23, 2011 at 9:28 PM

    setubuh!!! eh...:D

  • Haka says:
    April 24, 2011 at 7:20 AM

    Award ya... serba salah sih, mungkin harus ada istilah baru buat ide ini ya...

  • Noell_vb says:
    April 25, 2011 at 6:50 AM

    iya sob..ane mah heran ..dah 3 kali ane dapat award...tapi ane belum dan gak ngambil sampe skarang..ane pikir..ada2 saja nich kaum blogger...hehe...mantap untuk informasi ini..semoga kita bisa menghargai dan menempatkan arti dari Award itu sendiri..
    baik..terima kasih..salam damai untuk semua sahabat..salam damai dari Ambon

  • om_dela says:
    April 25, 2011 at 7:33 AM

    @ beben : ha ha ha ha

    @ Haka : makanya saya menerima award saya terima sebagai hadih saja... kalo award terlalu tinggi kayaknya...

    @ Noell_vb : memang seperti itu aneh... tpi ya gtu
    lah.... malah biasanya ngak make2 istilah seperti itu malah blogger2 baru seperti saya he he he... tpi setelah baca artikel ini mudah2 ada pencerahan... namun semua ya terserah yang make sih, ini kan cuma pendapat saya... dan pendapat tentunya berbeda2 ... yang penting tetap jalin persahabatan antar blogger... salam damai juga mas

  • Adrian Rivaldy says:
    April 25, 2011 at 8:31 AM

    ia jga sih sob..nice post..jgn lupa komen balik di blogku ya

  • TIANSHI Indonesia - Online Support System says:
    May 2, 2011 at 5:34 PM

    Award.................gadungan kali

  • Zainul Abidin says:
    May 3, 2011 at 6:11 PM

    Hal ini juga pernah saya berkomentar sedikit pedes ke blog2 yang posting tentang award ini.
    Menurut saya ini hanyalah strategi untuk mendaPATKAN backlink gratis.

    Saya setuju dengan Anda.
    Bukannya gak berterima kasih, tapi menurut saya kurang pantas jika terlalu di agung2kan

  • Belajar Bahasa Inggris Online says:
    May 3, 2011 at 10:16 PM

    Waduh om dela bisa-bisa aja sekarang.... namun tidak seperti pendapat kawan-kawan diatas, saya dengan tegas mengatakan tidak setuju....................

    bukannya saya ingin medapatkan award atau ingin memiliki backlink... terus terang saya juga pernah mendapatkan award 2 kali dari orang yang sama, meski entah kapan saya akan bagi-bagikan....

    Mohon maaf ni om, jangan tersinggung....... Jika memang masih banyak kejanggalan dalam tentang award ini, lebih baik kita diskusikan bersama.... bukan blaming the victim secara sporadis... tanpa award???? pasti om dela tidak akan pernah posting artikel ini bukan...

    hohoho award?? mari kita luruskan, backling gratis???? mari kita usahakan.... blogging??? mari kita lanjutkan..... yang paling penting, sesama blogger dilarang MENGHINA......................... kwkwkwkkwkw....

  • om_dela says:
    May 3, 2011 at 10:44 PM

    @ zainul Abidin : ya kayaknya kurang tepat dan ngak tepat kalo diberi nama award.... tapi ya terserah juga sih toh itu hak masing2... lagian kata2 award juga bukan saya yang punya semua memilikinya...

    @ Al's words : saya ngak bisa apa2 mas... soal tidak setuju ya monggo... kan itu juga pendapat... dan saya wajib menghargai... oh ya saya juga disini tidak menyalahkan siapa2 lo... kalo mau diskusikan mungkin perlu ngak ya? ini kan juga bukan masalah negara he he he... yang penting blogger tetap semangat... soal award terserah masing2 .... ya kalo ak pendapatnya seperti itu... dan kalo memang postingan ini menyinggung temen2 blogger ya mohon maaf, saya sudah minta maaf sebelumnya dijudul. dan ini bukan sebuah hinaan untuk blogger, tapi ini pendapat saya seorang blogger yang belum layak untuk dikatakan blogger...skali lagi mohon maaf dan tetap semangat

  • Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia says:
    May 4, 2011 at 12:25 AM

    Yang penting kita harus menjaga persahabatan dan silaturahmi kita sesama blogger...

  • om_dela says:
    May 5, 2011 at 1:15 AM

    @Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia : kalo itu pasti lah

  • Muhammad Fakhrial Zld says:
    May 10, 2011 at 4:25 PM

    berbagi daftar blog yg pastinya.. hehe

  • Stasiun Blog says:
    May 10, 2011 at 4:54 PM

    Saya setubuh dengan anda... eh eh... setuju..... aku juga pernah dpt award, tapi aku kira blogku blm pantas.. ya akhirnya aku acuhin aja karena kalao aku lihat ternyata hanya cuba nyebar link aja... trims sob....

  • Unknown says:
    August 11, 2011 at 11:27 PM

    Lama tak singgah , semoga tetap semangat ngeblog walaupun tak dapat award. Yang penting bagiku kita bisa saling tukar informasi, tukar link dan bekerja sama saling menguntungkan. Sukses untuk kompinet-nya.

  • Obat Maag says:
    December 31, 2011 at 11:42 AM

    informasi yang sangat bermanfaat gan di tunggu artikel berikutnya

Post a Comment